Minggu, 07 Agustus 2016

Empat Kali Ikut Seleksi Masuk Kampus!

Assalamualaikum!
Halo! Hai! Hey! Woy! Watsap?!

Sesuai dengan judulnya, gue mau cerita pengalaman gue 4 kali ikut seleksi masuk kampus lewat berbagai jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, seleksi masuk di suatu universitas swasta, dan seleksi masuk di suatu perguruan tinggi kedinasan. Dan gue mau ingetin dari sekarang, postingan ini bakal panjang banget. Jadi kalo gak minat baca panjang panjang, gak usah dibaca gak papa kok. 😁

Gue mau cerita perjuangan awal gue mulai dari ikut SNMPTN alias jalur undangan, ok? Buat anak anak SMA angkatan 2016 ke bawah, pasti tau kan ketentuan baru SNMPTN yang beda dengan tahun sebelumnya? Yak, nggak kayak tahun sebelumnya yang semua murid boleh ikut jalur undangan, di tahun 2016 ini kuota untuk daftar jalur undangan ditentukan oleh akreditasi sekolahnya. Jadi hanya sebagian murid yang bisa ikut, yaitu akreditasi A sebanyak 75%, akreditasi B sebanyak 50% dan akreditasi C sebanyak 25% dari jumlah murid kelas 12nya.

Alhamdulillah, sekolah gue akreditasinya A (bahkan katanya sekolah gue punya nilai akreditasi tertinggi ke-dua se-DKI Jakarta, but kalo pada gak percaya gak papa kok gue ngerti wkwkwk). Jadi, sekolah gue punya kesempatan mendaftarkan 75% muridnya. Step pertama, semua anak wajib input nilai sejak semester satu sampai semester lima. Dan waktu itu, step ini agak terkendala karena nilai semester satu sampai empat itu berbentuk huruf (A+, A, A-, B+, dst.) Sedangkan untuk input nilai itu harus berbentuk angka, jadi pihak sekolah agak kerepotan juga buat konvert nilainya. Nah, pas semuanya udah input nilai ke web SNMPTNnya, kita tinggal tunggu pengumuman siapa yang lolos 75% kuota itu. Gue lupa pengumumannya berapa minggu setelah input nilai, dan pengumumannya itu sistemnya peserta login ke webnya. Kalo berhasil untuk login artinya peserta lolos untuk kuota 75% itu dan berhak ikut jalur undangan, dan kalo gak berhasil login berarti peserta tidak berhak ikut jalur undangan.


Waktu itu gue ternyata dapet kesempatan di kuota itu. Jujur gue agak bingung kenapa gue dapet, karena ada beberapa temen temen gue yang nilainya lebih tinggi dari gue justru gak lolos. Gue beneran nggak tau bisa lolos, pengumumannya aja gue minta login-in sama temen gue saking gak minat ngebuka karena yakin gak lolos. Bukan maksud menyinggung atau apa ya, maksud gue bilang gitu kalo ntar ada yang nanya cara biar lolos di tahap ini, gue nggak tau. Jadi banyak banyak berdoa aja, ok? Dan cari aman aja, naikin nilai tiap semester ok?
*sok banget nasehatin padahal nilai sendiri ngaco*

Di SNMPTN, dari tiga pilihan gue cuma ambil satu pilihan yaitu Antropologi UI. Kenapa cuma satu? Karena gue nggak tau mau pilih kampus mana lagi, dan ya itung itung biar keliatan kalo gue prioritas banget disitu sampe rela 'ngebuang' sisa dua pilihan lagi hahaha. Dan kenapa pilih Antropologi UI? Karena gue mau banget bisa gabung sama FISIPnya, gue pernah ikut acara tentang FISIPnya dan gue ngerasa 'gue harus bisa gabung sama mereka'. Idk why, atmosfernya beda aja gitu sulit dijelaskan pokoknya hahaha. Apalagi UI deket banget dari rumah gue, cuma dua kali belok! Dan sebenernya gue lebih berminat ke Sosiologi, tapi gue pilih Antropologi karena di angkatan gue nggak ada yang ambil jurusan itu, jadi seenggaknya gue nggak punya saingan di sekolah... karena ya gitu, gue sadar diri aja nilai gue gak bagus bagus amat. 😅

Sebenernya gue hopeless juga bakal dapet atau nggak, soalnya ada nilai gue yang agak naik turun dan apalagi nilai matematika gue yang hancur lebur... dapet 70 aja Alhamdulillah banget. Ditambah lagi, di jurusan itu nggak ada alumni sekolah gue padahal alumni sekolah itu lumayan berpengaruh juga ke penerimaan mahasiswa di tahun tahun bawahnya. Dan gue cuma bisa berdoa aja.

Sampai akhirnya pengumuman................. ALHAMDULILLAH GUE DAPET HUKUM! GILA, HUKUM COY HUKUM!

Lho, kok dapet hukum? Iya, hukumam dari Allah garagara 3tahun sekolah kerjaan gue cengengesan aja. Yak, gue nggak lolos. Tapi karena gue realistis dari awal, jadi gue cuma kayak 'ohh yaudah, masih ada SBMPTN'. Bener bener cuma kayak gitu. Padahal katanya tuh sampe ada yang nangis, down banget, dll. Tapi gue bener bener biasa aja. Gue sadar diri kali, ya? Hahaha kan gue lumayan menyia-nyiakan masa SMA gue, baru sekolah beneran cuma pas setahun terakhir aja hahaha.

Gue juga nggak nyesel cuma ambil satu pilihan pas daftar, soalnya menurut gue mending coba lagi di SBMPTN daripada ngisi pilihan di jalur undangan tapi ngisinya cuma sekedar 'yang penting dapet kampus', kalo keterima dan gue gak minat sama kampusnya kan sayang juga...

OKAAAAAY. Setelah pengumuman itu gue langsung move on. Gue langsung daftar SBMPTN. Jujur sajaaa di jalur tulis ini gue nggak berharap banyak, sekedar coba coba kali aja untung hahaha soalnya gue buta sama materi materinya. Jangankan SBMPTN, materi UN di otak gue aja tiris banget. Ditambah lagi selama kelas 12 gue gak pernah ikut bimbel apapun, gue juga nggak bener bener belajar buat SBMPTN dari awal sedangkan sisa waktunya cuma satu bulan. Duh, pokoknya bagian ini jangan ditiru! Gue saranin buat adik adik *halah* belajar buat SBMPTN dari awal, meskipun kalian pede baaaanget bisa lolos di jalur undangan, tapi menurut gue jaga jaga aja deh belajar dari awal.

Di jalur ini, gue rencananya akan memaksimalkan kesempatan yang ada. Awalnya, gue isi pilihan pertama Sosiologi UI, terus Antropologi UI dan terakhir Pendidikan Sosiologi UNJ. Jangan mikir kenapa gue tibatiba mau masuk Pendidikan Sosiologi, nggak kok ini nggak tiba tiba. Gue bakal ceritain lengkap tentang kenapa gue pilih Pendidikan Sosiologi di postingan selanjutnya, ok? Ok.

Btw, setelah isi pilihan itu gue nggak langsung download kartu peserta yang artinya nge-fix-in pilihan itu. Gue sempet logout, dan tanya sana sini tentang pilihan gue itu. Setelah nanya nanya, banyak yang saranin gue untuk jangan isi UI di pilihan satu dan dua. Gue disaranin untuk pilih satu aja yang di UI, dan satunya lagi akhirnya gue mau isi untuk Pendidikan Sosiologi UNS. Kenapa UNS? Karena disuruh ortu, alesannya disana banyak sodara jadi ada yang jagain hahaha.

Setelah itu gue login lagi untuk ngisi beberapa data yang masih gue kosongin....... dan gue langsung download kartu pesertanya. GUE LUPA GANTI PILIHAN. Iya. Gue lupa. Kampret. Dan kalo udah download kartu peserta, udah nggak bisa diganti. Jadi lah gue tetep di pilihan awal: UI, UI, UNJ.

Selama menuju ke hari H, gue cuma sesekali buka buku latihan soal. Gue cuma ngerjain soal soal sosiologi aja karena itu satu satunya pelajaran yang gue lumayan ngerti. Gue pasrah banget, beneran pasrah. Gue belajar nggak ngerti ngerti, asli. Soal SBMPTN emang neraka jahanam.

Daaan tiba lah hari itu. Gue tes di daerah Pondok Labu. Berangkat pagi pagi dianterin bokap yang rela ambil cuti cuma untuk nganter dan jemput gue tes hari itu, aaaah kish kish. :')
Selama nunggu waktu mulai tesnya, kanan kiri gue tuh pada belajar. Gue? Nggak bawa buku apapun, cuma bisa stalking instagram orang aja. Karena menurut gue, sebelum ujian itu gak usah buka buka buku lagi, udah tinggal hadepin aja wkwkwk.

Setelah setengah jam nunggu, tesnya dimulai. Pertama TPA, di awal gue masih santai yakan soal yang susah di skip dulu... skip, skip, skip. Tautau soalnya udah abis. Pas gue liat ljk, yang baru gue isi cuma belasan. Ok. Bagus. Jadi lah gue harus baca ulang puluhan soal sisanya lagi. Lumayan ada beberapa yang bisa gue isi..... pake insting wkwkwk. Gue masuh mau coba baca lagi, dan sialnya waktu habis. Gue cuma bisa kerjain 30 soal dari... berapa soal ya? 60 atau 90 sih? Lupa wkwkwkwk 😂

Oiya, ada satu fakta penting........ MATEMATIKA GUE KOSONGIN SAMA SEKALI. Bener bener kosong. Nggak ada yang gue isi. Bodoamat. Gue nggak peduli, gue bener bener buta matematika. Daripada gue isi ngasal jadi gue kosongin aja, bodomat. Gue keluar ruangan lemes banget, udah hopeless sama sekali. Apalagi karena matematika gue yang kosong itu, gue ngerasa nggak ada harapan. Jadi selama istirahat gue udah pasrah buat ngerjain TKD Soshumnya nanti.

Istirahat selesai, mulai ngerjain soshum... ada yang aneh. Gue ngerasa soalnya masih bisa gue nalar. Iya. Gue ngerasa pinter. Padahal nalar, bukan hasil pemikiran pasti yang bener bener gue tau jawabannya. Apalagi sosio, gue isi 13 nomer dari 14 nomer. Dan gue cuma bisa kerjain total 33 nomer dari 60 nomer keseluruhan. Tapi sisa waktunya masih banyak sekali ternyata. Gue gabut setengah jam lebih karena gue udah selesai dan nggak mau ngisi lagi daripada mengarang bebas.

Pas pulang, gue cerita sama bokap kalo soalnya susah banget dan jangan berharap gue lolos. Terus gue cerita ke temen temen gue kalo gue nggak ngisi matematika sama sekali..... dan mereka ngebego begoin gue huuu sedih. Bodoamat. Mereka memang jahat sekali.

Setelah gue sampai di rumah, ortu gue langsung saranin untuk daftar di swasta, di Universitas Gunadarma. Deket rumah. Lebih deket daripada UI. Kalo ke UI dua kali belok, kalo ke gundar cuma sekali. Gue tadinya nggak mau karena gue masih punya rencana untuk ikut tes di suatu perguruan tinggi kedinasan.

Iya, jauh sebelum hari H SBMPTN, gue juga udah daftar di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial di Bandung. STKS itu perguruan tinggi kedinasan (tidak ikatan dinas) di bawah Kementrian Sosial RI. Seleksi masuk STKS itu berlangsung H-5 sebelum pengumuman SBMPTN. Untuk tes kali ini, gue bener bener belajar karena materinya lebih mudah gue serap daripada materi SBMPTN, walaupun sumber belajar untuk tes STKS nggak terlalu banyak. Bahkan kalo googling, cuma ada dua blog yang bisa dijadikan sumber belajar tes STKS.

Gue ikut tes di Kementrian Sosial di daerah Salemba. Gue lebih santai untuk tes kali ini daripada SBMPTN, karena gue ngerasa belajar gue udah cukup. Dan bener aja, pas ngerjain soal nyaris semuanya bisa gue jawab. Latihan soal yang gue baca di blog blog itu emang bener bener ngebantu! Pas pulang, gue bener bener pede bakal lolos tahap tes tulis ini. Kalo gue lolos gue mesti ikut tahap kedua, wawancara ke Bandung. Untuk STKS, gue juga bakal ceritain lengkapnya di postingan selanjutnyaaa!

Btw, setelah gue pulang tes. Nyokap gue masih takut gue nggak dapet kampus, jadi nyokap tetep maksa coba daftar di Gunadarma. Padahal gue pede banget lolos STKS, lagian kan sayang uang pendaftarannya kalo ternyata gue lolos. Tapi ortu gue bilang nggak papa daftar aja. Jadi, gue nurut dan gue pilih Psikologi.

Berhubung kakak sepupu gue yang tinggal di rumah gue kuliahnya di gundar, jadi urusan daftar daftar nggak ribet mesti cari info lagi. Gue daftar saat itu juga. Terus besoknya langsung transfer uang pendaftaran. Gue login lagi di webnya dan pilih waktu untuk tesnya. Gue gak tau kenapa, waktu itu gue gak sengaja pilih tanggal tes di hari yang sama kayak tanggal pengumuman SBMPTN.

Nah, pas hari H tes gundar, gue ribet sendiri karena gue kesiangan... padahal tesnya siang siang wkwkwk. Jadi gue santai santai, bukannya malah siap siap. Tau tau udah jam setengah satu aja, padahal tesnya jam satu. Gue langsung minta jemput temen gue. Begonya tuh gue belum ngeprint kartu peserta wkwkwk, gue tetep kalem kan ya karena gundar deket baaaanget dari rumah gue. Pas gue masih ditempat ngeprint, itu udah jam satu lebih. Jadi gue sampe di gundarnya telat, ditambah lagi gue harus cari gedung tesnya dari sekian banyak gedungnya padahal gue aja belum pernah masuk kampusnya haha. Akhirnya gue malah muter muter, nyasar di dalem kampus. Pas nemu gedungnya itu udah hampir jam 2.

Gue ngerjain soal tesnya seadanya. Tesnya cuma matematika dan bahasa inggris dan tesnya pake komputer. Gue ngerjain sebisa gue tanpa mikir, kalo soal yang mesti pake mikir gue skip skip terus. Tapi kampretnya, kanan kiri gue udah pada selesai. Jadi gue baru setengah jam ngerjain malah ikut ikutan selesai aja, gak peduli sama soal soal yang belum keisi... kasian kalo temen gue nunggu kelamaan di luar. 😂

Terus gue langsung caw dari sana, dan pas di jalan gue baru inget kalo hari itu pengumuman SBMPTN! Gue langsung nyoba buka webnya dari hp, tapi servernya penuh. Jadi yaa, gue nggak coba lagi. Lagian gue juga hopeless wkwkwk. Terus gue pulang, santai santai aja gitu di rumah liatin grup pada rame saling ngabarin keterima SBMPTN atau nggak. Dan lagi lagi banyak yang ngedown karena gak lolos, gue jadi makin males buka pengumumannya karena temen temen gue yang pada pinter aja gak lolos. 😂

Tapi ada satu temen gue yang nanya gue lolos atau nggak, dan gue bilang gue males buka. Dia nawarin untuk bukain pengumumannya. Yaudah gue kasih aja kan passwordnya. Terus berapa menit kemudian dia ngechat pake capslock....

GUE LOLOS SBMPTN DI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNJ!



Gue nggak percaya. Asli. Tapi gue tau ni anak kalo bercanda gak bakal begini. Terus dia kirim screenshootnya, dan bener. Gue lolos. Alhamdulillah. Gue coba buat cek sendiri, dan ternyata gue beneran lolos. Gue langsung ngabarin bokap, asli seneng! Terus gue kayak baru sadar satu hal....... TERUS TADI SIANG GUE NGAPAIN PANAS PANASAN LARI LARI DI GUNDAR BUAT IKUT TES?! Fyi, waktu itu lagi bulan puasa. :")))

Setelah buka pengumuman, gue langsung login di webnya UNJ. Waktu itu belum ada pengumuman apapun jadi gua santai aja, belum ngurus apapun. Pengumuman untuk STKS juga nggak jauh dari pengumuman SBMPTN, cuma beda dua hari. Waktu hari H pengumuman STKS gue semangat bukanya daripada pengumuman pengumuman sebelumnya, karena gue pede banget bakal lolos.

Ini pengumuman lolos tes tulis STKS, dan bisa lanjut ikut tahap wawancaranya.

Dugaan gue nggak salah. Nama gue jadi salah satu dari 600 lebih nama orang orang yang lolos ujian tulis. Gue langsung kabarin ortu gue buat prepare wawancara ke STKS di Bandung. Di saat yang sama UNJ, juga mesti ngurus UKT dan untungnya bisa lewat online. Tapi gue terlalu fokus sama persiapan wawancara STKS, jadi gue nggak ngurusin pengajuan golongan UKT dan resikonya gue harus terima kalo gue dapet UKT di golongan atas.

Beberapa hari setelah lebaran, gue ke Bandung sendirian untuk wawancara. Nggak sendiri sebenernya, berangkat dianter nyokap tapi gak nemenin selama disana karena mesti kerja. Dan gue nginep di rumah sepupu gue. Begitu sampai di Bandung, gue langsung tepar karena udah tengah malam dan besoknya gue wawancara pagi.

Besoknya, gue nunggu giliran wawancara sendirian dan lumayan lama hahaha. Gue dapet giliran jam 1 siang setelah nunggu dari jam 7 pagi. Wawancaranya lumayan lancar, meskipun gue agak terkendala di bagian wawancara tentang pekerja sosial pake bahasa inggris hahaha. Pokoknya tentang STKS bakal gue tulis lebih jelas dan detail di postingan selanjutnya, supaya yang berminat kuliah di STKS bisa dapet info lebih jelas hehehe.

Ini pengumuman lolos wawancara dan jadi calon mahasiswa baru STKS.
Lucu ya namanya ada 'oke pisan'-nya.

Selesai wawancara, gue langsung balik ke rumah sepupu gue. Tadinya gue mau langsung pulang ke Depok hari itu juga, tapi ternyata travelnya waiting list jadi gue ambil yang berangkat besok paginya aja. Daaan gue menghabiskan sisa waktu gue di Bandung jalan jalaaan! Haha gue udah ekspektasi bakal kayak gimana selama gue kuliah di Bandung nanti. Iya, lagi lagi gue pede banget bakal lolos tahap kedua STKS. 😁

***

Sooo yeaaa, itu tadi pengalaman gue ikut empat seleksi masuk kampus. Dan hasilnya, Alhamdulillah gue lolos SBMPTN di UNJ dan hasil final di STKS gue juga lolos. Gue juga di sms berkali kali dari gundar, diminta untuk lanjut bayar uang kuliah dll hahaha. Dan gue nggak ikut seleksi apapun lagi, termasuk simak. 😂👌

Oiya, postingan ini diposting dari hp jadi sulit kalo mau ditambahin pict, tapi nanti bakal gue sertakan pict-pictnya secepatnyaaa. Dan semoga postingan ini bermanfaat! Apapun yang ada di postingan ini, nggak ada yang bermaksud menyinggung pihak mana pun. Terimakasihhh sudah menyisihkan menit menit berharga di hidup kalian untuk membaca postingan ini.
PAPOOOOYYYY!✨

2 komentar: